1. Perkenalan Kaizen 2. Gemba Kaizen 3. Manajemen Kualitas, Biaya, dan Penyerahan di Gemba 4. Standar Kerja 5. Langkah Pemeliharaan Tempat Kerja 6. Pemborosan (Muda) 7. Landasan Dasar Bangunan Gemba 8. Manajemen Visual 9. Peran Supervisor di Gemba 10.Peran dan Akuntabilitas Manajer Gemba: Kasus Kaizen di PT Toyota Astra Motor 11. Just-in-Time: Sistem Produksi Unggulan 12. Just-in-Tim…
GEMBA: Tempat yang sebenarnya, dimana tindakan nyata dilaksanakan. Gemba diartikan sebagai tempat kerja, dimana produk diciptakan, dikembangkan, dan dibuat; Gemba juga diartikan sebagai tempat dimana jasa layanan disediakan. KAIZEN berarti perbaikan bersinambungan. Berbeda dengan rekayasa ulang (reengineering) dan penemuan ulang (reinventing), perubahan menurut konsep kaizen dilakukan tidak se…
It’s kaizen, the Japanese business philosophy that says step by step improvements – process refinements and enhancements – are the surest, easiest, quickest road to maximizing productivity and quality. Defined as the ‘real place’ where real action occurs, gemba is where products are developed (the lab and design table) and made (the shop floor), and where services are provided…