Printed
Penerapan SMM ISO 9001:2000 dan Peran SDM-Dosen Dalam Pencapaian Sasaran Mutu Perguruan Tinggi
ISO 9001:2000 sebagai bagian dari Total Quality Management (TQM), merupakan paradigma baru dalam menjalankan organisasi yang berupaya memaksimumkan daya saing organsasi melalui: fokus pada kepuasan konsumen, keterlibatan seluruh karyawan, dan perbaikan secara berkesinambungan atas kualitas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan organisasi. Implementasi TQM yang didokumentasikan dalam klausul-klausul ISO 9001:2000 secara simultan akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas Perguruan Tinggi.
Persaingan bebas dan ketat di dunia pendidikan serupa di dunia industri yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Pada era persaingan pasar global dewasa ini, tuntutan koonsumen dan stakeholders atas peningkatan kualitas produk (lulusan Perguruan Tinggi) dan jasa bertambah.
Peran dosen dalam meningkatkan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi, dimulai dari keberdayaannya. Setiap dosen harus mampu meningkatkan kualitas pembelajarannya dan mampu menyusun sasaran mutu pembelajaran mata kuliah yang dia punya sehingga perannya tersebut memang benar-benar berkaitan langsung dengan pencapaian sasaran mutu Perguruan Tingginya.
Tidak tersedia versi lain