Printed
Pembuatan Program Interpolasi Pada Mesin Grafir 2.5 D Berbasis Mikrokontroler Arduino
Pada proses manufaktur terdapat sebuah mesin yang mampu membuat suatu pola seperti halnya garis atau huruf yang lebih dikenal sebagai mesin grafir. Untuk melakukan proses penggrafiran tersebut digunakan metoda interpolasi linear dan circular dengan menggunakan kontroler utama berbasis mikrokontroler. Dalam karya tulis ini lebih lanjut akan membahas mesin grafir yang akan bergerak membentuk pola garis dengan menerapkan konsep interpolasi linier dan circular.
Sistem kendali mesin grafir dilakukan oleh satu buah mikrokontroler yakni Arduino Mega 2560 untuk mengontrol gerakan motor stepper pada sumbu X dan Y, dan juga motor DC untuk menggerakan sumbu Z dan motor DC yang lain untuk spindle. Sebagai interface mesin dengan user digunakan touchscreen yang bertugas memberi input pola dalam bentuk koordinat seperti yang diinginkan. Untuk mengontrol gerakan dua buah motor stepper dibuatlah penggerak motor stepper yang tersusun dari rangkaian MOSFET tipe IRF 9540 dan IRF 540, penggerak ini pun dilengkapi sebuah mikrokontroler ARDUINO NANO yang dipergunakan untuk melakukan shift register dan current control pada penggerak tersebut. Penggerak lainnya yang tersusun dari 2 buah IC L298N ditujukan untuk menggerakan motor DC sumbu Z dan spindle, sehingga bekerja layaknya mesin grafir.
Pengontrol yang berbasiskan Arduino Mega 2560 ini menerapkan konsep interpolasi secara linier dan circular pada proses pengontrolan pergerakan kedua buah motor stepper. Pada pelaksanaannya Arduino tersebut bertindak sebagai main controller mesin grafir dimana input yang diterima dari touchscreen.
Hasil yang didapat dari proyek akhir ini adalah nilai kepresisian pemberian pulsa dan keakuratan waktu tempuh pada sumbu X dan Y mencapai 95% pola interpolasi linier dan 93% pola interpolasi circular. Motor tersebut dapat bergerak baik secara point to point atau melakukan interpolasi linier dan interpolasi circular dari titik awal menuju titik berikutnya dengan membentuk sebuah huruf pada dua bidang yang berbeda level ketinggian dengan menggunakan konsep DDA. Kecepatan optimal untuk melakukan interpolasi linier sebesar 8 mm/s dengan hasil ketepatan 99% dan interpolasi circular sebesar 6 mm/s dengan hasil ketepatan 99%.
Kata Kunci: Arduino, Touchscreen, Penggerak, Grafir, Interpolasi, L298N, MOSFET
Tidak tersedia versi lain