Printed
Analisa Pembebanan Knuckle Mobil Kancil "Pengembangan Analisa Statis Prototype Knuckle Mobil Kancil"
Tujuan penelitian Pengembangan Analisa Statik Prototype Knuckle Mobil Kancil adalah melakukan analisa kekuatan mekanis Knuckle, dibuat dari material FCD 50, dengan menggunakan analisa statis pada pembebanan maksimal. Beban maksimal ini diperoleh dari perhitungan pembebanan pada poros depan kendaraan dalam kondisi operasi kendaraan yang direm pada saat berbelok dijalan menurun. Pada analisa pembebanan poros kendaraan sebelumnya diperoleh beberapa nilai pembebanan nada beberapa nilai kecepatan dan deselerasi. Akhirnya diperoleh nilai deselerasi dan nilai kecepatan maksimum kendaraan dimana kendaraan aman dioperasikan pada saat direm di jalan menurun dan berbelok.
Sebagai perbandingan juga dilakukan perhitungan pembebanan poros depan kendaraan pada kondisi operasi kendaraan yang direm pada saat berbelok di jalan mendatar, karena deselerasi yang berbeda untuk masng-masingkondisi operasi, yaitu 0,5g untuk kondisi operasi di jalan mendatar dan 0,2g untuk kondisi operasi kendaraan menurun. Hasil perhitungan tetap menunjukan pembebanan maksimum pada kondisi operasi di jalan menurun.
Studi statika diarahkan pada deskripsi kuantitatif dari gaya-gaya yang bekerja pada struktur teknik dalam kesetimbangan . Untuk mempermudah analisa, studi statika ini dilakukan pada sistem gaya dua dimensi, setidaknya dalam dua bidang kerja. Sehingga pada akhirnya, komponen-komponen gaya yang terjadi pada sumbu x,y dan z (kecuali ditentukan lain karena pertmbangan konstruksi), serta momen yang muncul akibat pengaruh gaya-gaya tersebut dapat ditentukan dari perhitungan.
Tidak tersedia versi lain