Perpustakaan Polman Bandung

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Printed

Implementasi Integrator Digital Differential Analyzer (Dda) Untuk Pergerakan Interpolasi Linear Dan Circular Pada Mesin Grafir 2½ D Berbasis Avr Atmega 32A

YUDHISTIRA, Melody Pradana - Nama Orang; BOLO. Dwiartomo - Nama Orang; GUN GUN. Maulana - Nama Orang;

Mesin grafir 2½ D merupakan mesin yang mampu membuat pola garis lurus dan lengkung. Penggerak yang ada di mesin ini yaitu dua buah penggerak motor stepper 5 fasa untuk menggerakan sumbu x dan y dan dua buah penggerak motor DC yang menggerakkan sumbu z dan spindel untuk proses penggrafiran. Metode interpolasi linear dan circular diterapkan untuk membuat pola garis lurus dan lengkung.
Pengendali mesin grafir 2½ D menggunakan satu buah mikrokontroler master dan empat buah mikrokontroler slave. Setiap mikrokontroler slave berfungsi untuk mengaktuasi penggerak motor stepper pada sumbu x dan y dan motor DC pada sumbu z dan spindel sesuai perintah dari mikrokontroler master.
Mikrokontroler master yang digunakan pada pengendali mesin grafir 2½ D adalah AVR ATmega32A dan mikrokontroler slave yang digunakan adalah Arduino Nano. Mikrokontroler master menerapkan metode interpolasi linear dan circular untuk mengendalikan dua buah motor stepper. Metode interpolasi linear bekerja dengan cara mengolah pulsa masukan DX dan DY untuk mengeluarkan pulsa overflow yang digunakan untuk menggerakan motor stepper. Kecepatan masing-masing motor stepper untuk metode interpolasi linear adalah konstan karena DX dan DY adalah konstan pula. Pulsa masukan DX dan DY diperoleh dari G-Code pada antarmuka PC dengan cara membandingkan titik awal dan titik akhir pada benda kerja. Hasil perbandingan tersebut juga digunakan untuk menentukan arah putaran motor stepper. Metode interpolasi circular bekerja dengan cara mengolah pulsa masukan R (jari-jari) untuk mengeluarkan pulsa overflow yang digunakan untuk menggerakkan motor stepper. Kecepatan masing-masing motor stepper untuk metode interpolasi circular adalah tidak konstan karena terdapat percepatan dan perlambatan untuk masing-masing motor. Pulsa masukan untuk metode interpolasi circular adalah berupa G-Code dari antarmuka PC yang terdiri dari titik tujuan sumbu x dan y dan besarnya R. Titik tujuan sumbu x dan y menentukan arah putaran motor stepper.
Hasil uji coba ditunjukkan bahwa mesin grafir 2½ D yang telah dikembangkan sudah dapat membuat pola garis lurus dan lengkung dengan searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam.

Kata kunci : grafir, pengendali, master, slave, interpolator, linear, circular, pin to pin.


Ketersediaan
#
R.Tugas_Akhir (Rak K-3/0137) TA-2160137.1
TA-2160137.1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TA-2160137.1
Penerbit
Bandung : Polman., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Polman Bandung
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?