Perpustakaan Polman Bandung

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Inetegrasi Sistem Pengendalian Pada Skenario Pick-And-Place Makanan Menggunakan Robot Berdasarkan Computer Vision
Penanda Bagikan

Printed

Inetegrasi Sistem Pengendalian Pada Skenario Pick-And-Place Makanan Menggunakan Robot Berdasarkan Computer Vision

Ahmad Zidan Wahyudin - Nama Orang; Wahyu Adie Candra - Nama Orang; Adhitya Sumardi Sunarya - Nama Orang;

Industri makanan di Indonesia mengalami transformasi yang signifikan menuju
penerapan teknologi canggih dalam proses produksinya. Revolusi industri 4.0 telah
memperkenalkan konsep seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI),
dan robotika maju untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi. Robot menjadi solusi
utama untuk menggantikan tenaga kerja manual dengan karakteristik efisiensi
tinggi, biaya rendah, dan kesalahan minim. Integrasi robot dalam industri makanan
telah menunjukkan peningkatan yang signifikan, tercermin dari peningkatan
pemasangan robot sebesar 36,36% dari tahun 2019 hingga 2021. Studi ini
mengimplementasikan deteksi objek menggunakan SSDLite MobileNetV3 dengan
karakteristik komputasi yang rendah sehingga memungkinkan untuk mendukung
operasi pick and place pada robot UR5e. Komunikasi antara sistem deteksi objek
dan robot dilakukan melalui ROS dengan komunikasi soket dengan protokol
TCP/IP. Kamera diatur dengan transformasi perspektif untuk memungkinkan
konversi koordinat objek yang akurat, mengingat perbedaan dalam proyeksi dari
dunia 3D ke 2D. Pelatihan yang dilakukan menghasilkan mAP 0,5 sebesar 94% dan
mAP 0,5:0,95 sebesar 80%. Hasil pengujian deteksi menunjukkan tingkat presisi
deteksi objek sebesar 1, recall sebesar 0,91, dan F1 score sebesar 0,95. Proses pick
and place mencapai tingkat keberhasilan rata-rata sebesar 94,75% untuk pick dan
85,37% untuk place, menunjukkan kinerja yang baik dalam aplikasi praktis di
lingkungan pengujian.
Kata kunci: Deep Learning, Makanan, SSDLite, Pick and Place, Universal Robot.


Ketersediaan
#
R.Tugas_Akhir (Rak T-4/0091) TA-2240091.1
TA-2240091.1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TA-2240091.1
Penerbit
Bandung : Polman., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
D4 Prodi Teknologi Rekayasa Otomasi 2024
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Polman Bandung
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?