Printed
Perancangan, Pembuatan dan PengujianTungku Karburisasi Berbahan Bakar Briket Batu Bara pada Industri Komponen Sepeda Motor Alpa Spare Parts Beserta Analisis Ekonominya
Proses karburisasi memerlukan tungku pemanas yang dapat dioperasikan ada range temperatur 850 - 950 oC. Pada umumnya, proses karburisasi menggunakan tungku listrik yang harganya sangat mahal dan membutuhkan daya listrik yang besar (min. 2 kW). Hal ini menyebabkan Usaha Kecil Menengah kesulitan untuk melakukan proses karburisasi secara mandiri.
Pada penelitian ini, tungku karburisasi padat yang berbahan bakar briket batu bara telah berhasil dirancang, dibuat, dan diuji. Tungku hasil rancangan ini dapat dioperasikan secara kontinu. Asap hasil pembakaran yang berpotensi untuk mencemari lingkungan diatasi dengan peralatan pengolah asap.
Pembuatan tungku ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan industri kecil, yaitu ALPA Spare Parts Bandung yang memproduksi komponen-komponen sepeda motor. Pelaksanaan pembuatan tungku dilakukan dalam 5 kelompok, yaitu tabung karburisasi, tungku karburisasi (ruang bakar, kotak angin, tuyer, silinder dalam), hopper, rangka dan roda, serta tempat pembuangan abu.
Pengujian terhadap performansi tungku hasil rancangan ini menunjukkan bahwa tungku ini dapat mencapai temperatur pemanasan yang relatif stabil (sekitar 1000 oC) dan homogen. Pengujian terhadap sampel kunci klep yang dikarburisasi padat dengan menggunakan tungku ini dan di-quench hardening di media air menghasilkan permukaan yang relatif keras yang dapat mencapai 800 HV.
Analisa biaya untuk pemanfaatan tungku ini menunjukkan bahwa penggunaan rata-rata kurang dari 9 jam per hari memerlukan biaya operasional per bulan yang lebih rendah dari tungku listrik yang berdimensi sama. Biaya karburisasi padat dengan menggunakan tungku karburisasi ini terbukti lebih rendah dari biaya karburisasi cair pada industri lain. Dengan demikian, tungku hasil rancangan ini cukup sesuai untuk dipakai di Usaha Kecil Menengah.
Tidak tersedia versi lain