Printed
Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah
1 Pendahuluan 1
2 Koleksi Perpustakaan dan Pengadaannya 9
3 Pengolahan Koleksi/Pustaka 33
4 Pelayanan Perpustakaan 69
5 Ruang Perpustakaan 95
6 Perabotan dan Perlengkapan 103
7 Pemeliharaan 119
8 Sumber Pendanaan 123
Akhir-akhir ini perhatian masyarakat terhadap perpustakaan menunjukkan adanya peningkatan yang berarti. Perpustakaan sekolah pun tidak luput dari perhatian para pengelolanya, tak ada sebuah sekolah pun yang tidak memiliki perpustakaan, sebab perpustakaan sekolah diibaratkan sebagai "jantung"nya dari sekolah yang bersangkutan.
Namun demikian, pengelolaan sebuah perpustakaan sekolah pada umumnya masih jauh dari yang diharapkan. Hal ini disebabkan belum adanya pustakawan yang secara khusus untuk mengelolanya. Jika pun ada biasanya mereka adalah guru yang diserahi tugas rangkap untuk mengurus perpustakaan.
Buku ini bermaksud memberikan sebuah petunjuk atau pedoman sederhana kepada segenap pembaca, terutama para guru dan guru pustakawan serta para siswa sekolah yang berminat, bagaimana cara membangun atau menyelenggarakan dan sekaligus mengelola perpustakaan dengan baik. Dengan demikian, diharapkan perpustakaan sekolah yang diselenggarakan dapat menunjang kurikulum sekolah yang bersangkutan.
Tidak tersedia versi lain