Printed
Pembuatan Panel Dan Antarmuka Pada Mesin Grafir 2½ D Berbasis Arduino Mega 2560 Dan Visual Studio
Pada karya tulis ini disajikan mengenai pembuatan perangkat lunak/program penggerak mesin grafir 2½ D. Mesin grafir 2½ D merupakan mesin yang digunakan untuk pemakanan pada permukaan benda kerja yang berpola. Mesin ini terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras yang digunakan adalah dua buah motor stepper pentagon untuk pergerakan sumbu X dan Y serta dua buah motor DC untuk pergerakan sumbu Z dan untuk memutarkan spindle, mikrokontroler Arduino Mega 2560 sebagai pengendali utama, Optocoupler dan MOSFET sebagai komponen penyusun penggerak motor stepper, IC L298 sebagai komponen penyusun penggerak motor DC serta sebuah komputer. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan untuk antarmuka dan mengolah data masukkan adalah berbasis Visual Studio 2010. Masukan pada antarmuka berupa parameter numerical control yang kemudian masukan-masukan tersebut akan di interpretasi oleh sistem menjadi pola pergerakan linier maupun sirkuler. Hasil yang didapat dari pembuatan proyek akhir ini adalah pergerakan motor stepper pada sumbu X dan Y dapat bergerak secara simultan dengan pola linier maupun sirkuler dari koordinat awal menuju koordinat selanjutnya, sumbu Z dapat bergerak naik turun, dan spindle dapat berputar selama proses pemakanan benda kerja berlangsung.
Kata kunci: Mesin Grafir 2½ D, Visual Studio 2010, Numerical Control.
Tidak tersedia versi lain