Printed
Perancangan Dan Pembuatan Antarmuka Untuk Mesin Grafir 2½ D Berbasis Visual Basic 6.0
Karya tulis ini menerangkan mengenai pengendalian mesin grafir 21⁄2 D. Mesin ini terdiri dari dua buah motor steper dan dua buah motor DC. Motor steper berfungsi sebagai penggerak sumbu x dan sumbu y. Motor DC berfungsi sebagai penggerak sumbu z dan spindel.
Untuk mengatur pergerakan mesin maka dibuatla antarmuka, yang menhubungkan antara users dengan mesin. Antarmuka dibuat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Antarmuka yang dibuat dituntut dapat menampilkan grafik pergerakan dan koordinat pada sumbu x, sumbu y, dan sumbu z. Mesin grafir 21⁄2 D dapat beroperasi dengan mode manual dan mode otomatis. Mode manual dioperasikan dengan menekan tombol-tombol yang ada pada box panel. Mode otomatis dioperasikan dengan memasukkan G-Code dari PC.
G-Code akan dikirimkan ke mikrokontroler ATMEGA dengan IC ATMEGA 32A dengan komunikasi secara serial. G-Code diolah di mikrokontroler menjadi pulse yang akan dikirimkan ke rangkaian pengendali untuk menggerakan aktuator (Motor Steper dan Motor DC).
Kata kunci : Mesin grafir 21⁄2 D, Visual Basic 6.0, mikrokontroler ATMEGA, ATMEGA 32A, antarmuka, komunikasi serial.
Tidak tersedia versi lain