Printed
Rancang Bangun Program Antarmuka Lcd Dan Keypad Pada Mesin Grafir 2.5D Menggunakan Arduino Mega 2560
Mesin Grafir 2.5 D merupakan suatu mesin perkakas yang bertujuan untuk mempermudah pengerjaan manusia (operator) dalam menggrafir suatu pola pada benda kerja. Mesin ini dapat digerakkan baik secara manual maupun otomatis dan memiliki 3 sumbu kartesian, Sumbu X dan sumbu Y bergerak secara bersamaan dan sumbu Z bergerak terpisah. Permasalahan yang terjadi yaitu cara mengoperasikan Mesin Grafir 2.5 D baik secara otomatis maupun manual, dan mampu mempermudah operasi mesin sehingga pengguna dapat mengoperasikan mesin dengan nyaman dan dapat menghasilkan hasil grafir yang tepat.
Program antarmuka yang dibuat dituntut dapat mendukung operasi mesin yang dapat bergerak ke titik – titik koordinat yang dikehendaki untuk dilakukan proses penggrafiran. Pergerakan yang dapat dilakukan yaitu maju, mundur, kanan, kiri, naik, turun, linear dan circular.
Mesin grafir 2.5D dapat dioperasikan setelah pengguna memasukan titik-titik koordinat dengan perintah G-Code melalui keypad dan ditampilkan pada layar LCD. Data titik – titik koordinat tersebut di kirimkan ke arduino mega. Data tersebut diolah oleh arduino mega menjadi pulse yang akan dikirimkan ke rangkaian pengendali untuk menggerakan aktuator (Motor Stepper dan Motor DC).
Hasil yang didapat dari proyek akhir ini adalah antarmuka mampu mengirimkan perintah koordinat berupa G-Code pada mode auto dan jog pada mode manual, yang selanjutnya dapat menggerakkan motor stepper, baik secara point to point atau melakukan interpolasi linear maupun circular dari titik awal menuju titik berikutnya.
Kata Kunci: Mesin Grafir 2.5D, Arduino Mega, Keypad, LCD, Driver 5 phase, Rangkaian Penggerak, Interpolasi
Tidak tersedia versi lain