Printed
Implementasi User Interface Pada Mesin Grafir 2,5D Menggunakan Lcd Dan Keypad Melalui Komunikasi Nirkabel Berbasis Arduino
Mesin grafir 2½D merupakan mesin grafir otomatis yang dikendalikan oleh Arduino Due dan Arduino Nano. Mesin grafir ini memanfaatkan antarmuka LCD dan keypad, dengan masukan data berbasis G-code, yang kemudian masukan tersebut diteruskan ke penggerak motor stepper dan motor DC yang terhubung dengan ulir ballscrew pada mesin. Ulir ballscrew ini lah yang merubah putaran dari motor stepper dan motor DC menjadi gerakan interpolasi berupa linier dan sirkular pada sumbu X, sumbu Y, dan sumbu Z.
Antarmuka yang dibuat pada mesin ini mengutamakan kemudahan penggunaan dan menggunakan komunikasi nirkabel APC220. Terdapat 2 set (sepasang) APC220 pada mesin ini yang terpasang pada control box dan mikro master. Komunikasi antara antarmuka dengan mikro master dilakukan secara serial. Pada mode manual, operator dapat melakukan jogging dengan menekan tombol-tombol jog (X+, X-. Y+. Y-, Z+. Z-, dan Spindle). Pada mode otomatis operator hanya perlu memasukkan G-Code sesuai dengan tata cara penulisan yang benar.
Dari hasil pengerjaan pada mesin grafir 2½D dapat disimpulkan bahwa sumbu X, Y dan sumbu Z mesin grafir 2½D sudah terintegrasi, antarmuka mampu menyimpan input sebanyak 40 line perintah, dan dapat melakukan proses interpolasi dengan kesalahan 0% error. Pada mode otomatis, karakter yang disediakan untuk melakukan input G-Code adalah G, X, Y, Z, F, S, dan M Antarmuka yang dibuat pun memudahkan operator untuk mengoperasikan mesin baik pada mode otomatis maupun mode manual.
Kata Kunci : Grafir 2 ½D, Arduino Due, Arduino Nano, LCD, keypad, G-Code, motor stepper, ulir ballscrew, interpolasi, APC220
Tidak tersedia versi lain