Printed
Pembuatan jig And Fixture Untuk Roller Plast Di CV.KARYA CIPTA AGUNG
Rear wheel damper bush merupakan suatu komponen otomotif pada sepeda motor yang terdapat
pada bagian tromol roda belakang sepeda motor. Komponen ini berfungsi sebagai peredam hentakan
akibat gaya yang dialirkan dari tenaga mesin ke bagian roda belakang sepeda motor. Hal tersebut terjadi
ketika sepeda motor mengalami proses akselerasi dan deselerasi. Sehingga dengan adanya komponen ini,
laju sepeda motor dapat berjalan halus dan stabil dijalanan.
Industri pengguna jasa Pt. Astra Otoparts Divisi EDC yang memproduksi rear wheel damper
bush untuk sepeda motor Honda Mega Pro, menginginkan adanya pengujian terhadap kualitas kehandalan
rear wheel damper bush tersebut. salah satu metode pengujian yang akan dilakukan adalah, uji besar
sudut kelonggaran (Backlash Angel) yang diakibatkan dari pemakaian komponen tersebut dalam
konstruksi Sepeda motor Honda Mega Pro secara berulang. Pengujian backlash angle ini, membutuhkan
alat uji khusus karena keterbatasan alat uji yang terdapat diperusahaan. Oleh karena itu perlu dilakukanya
proses pembuatan alat uji untuk dapat melakukan proses pengujian terhadap komponen rear wheel
damper bush tersebut.
Pembuatan alat uji ini dilakukan dengan tahapan pengidentifikasian gambar kerja, perencanaan
proses pembuatan, dan perakitan, yang kemudian dilakukan uji coba untuk memastikan kesesuaian
pengujian. Dari metode yang telah dilakukan tersebut, maka didapatkan data berupa estimasi waktu
proses pembuatan, estimasi biaya proses pembuatan serta analisa kemampuan pembebanan pengujian
yang dilakukan piston pneumatik yang digunakan.
Prinsip kerja dari alat uji ini, adalah, dengan menghentakan komponen damper bush yang
terpasang pada komponen rim set roda belakang sepeda motor Honda Mega Pro dalam arah dorongan dan
tarikan oleh piston pneumatik. Sehingga damper bush akan mengalami pembebanan akibat kerja piston
pneumatik tersebut. Kerja pengujian ini dilakukan sebanyak 100.000 siklus, dengan satu siklus kerja
adalah satu kali dorongan dan satu kali tarikan
Berdasarkan hasil analisis kemampuan pengujian, secara kontruksi mekanis alat uji ini mampu
melakukan pengujian dengan kekuatan lebih dari 800 N, serta mampu melakukan pengujian sebanyak
100.000 siklus. Hal ini sesuai dengan kebutuhan perencaan pengujian yang telah di tentukan pleh pihak
engineering perusahaan.
Tidak tersedia versi lain