Printed
Perancangan Trolley City Dengan Konsep Perpaduan Troli Dan Sepeda Throttle Roda Tiga Untuk Kebutuhan Ibu Rumah Tangga
Pada penelitian ini dilakukan perancangan sebuah konsep kendaraan untuk
menyelesaikan permasalahan ketidakpraktisan proses belanja ibu rumah tangga yaitu
dengan memadukan sepeda throttle roda tiga dengan troli belanja. Kendaraan ini
memungkinkan untuk memudahkan dalam mobilitas, mudah dalam pengoperasian dan
tidak membutuhkan keranjang tambahan.
Proses penyelesaian pada penelitian ini menggunakan dua metode yaitu metode
perancangan VDI 2222 untuk menghasilkan solusi perancangan dan metode kalkulasi
quasi dinamik untuk mengetahui perilaku arah belok dan kestabilan kendaraan dengan
mempertimbangkan kecepatan (v), sudut belok (δf) dan posisi titik berat. Berdasarkan
metode perancangan VDI 2222 dihasilkan rancangan kendaraan dengan tata letak dua
roda berada dibagian depan (tadpole trike), bentuk rangka dengan mengombinasikan
rectangular tube dengan pipa yang dibentuk menjadi konfigurasi X, motor penggerak
menggunakan BLDC geared hub motor, dan keranjang berada dibagian depan.
Mekanisme pelipatan dengan membuka sistem pengunci pada rangka kemudian rangka
diputar pada pivot bagian tengah sehingga membuat roda belakang sejajar dengan dua
roda depan. Mekanisme pelipatan tersebut membuat bentuk menjadi ringkas dan padat.
Kemudian hasil rancangan dilakukan analisis kestabilan, analisis statis kekuatan pada
rangka dan pengujian dengan menggunakan media sepeda roda tiga dengan pendekatan
beban pengendara, roda depan dan jarak wheeltrack yang disesuaikan dengan hasil
rancangan.
Hasil analisis kestabilan dan pengujian menunjukan semakin besar kecepatan dan
sudut belok maka kendaraan semakin mengalami penurunan performa. Agar kendaraan
dalam keadaan netral maka kecepatan maksimum adalah 11-20 km/jam dengan sudut
belok maksimum sebesar 26º. Sehingga dalam pengoperasiannya, jika ingin menambah
kecepatan maka sudut belok tidak lebih dari 26º, dan jika ingin menambah sudut belok
maka pastikan dalam kecepatan dibawah 20 km/jam. Hasil analisis statis kekuatan rangka
dengan material S235JR menunjukan nilai tegangan von mises maksimum adalah 137,5
N/mm2
, nilai tersebut lebih kecil daripada kekuatan mulur material S235JR yaitu 235
N/mm2 dan nilai faktor keamanan yang terjadi adalah 1,7 yang berada di alur pelat
dudukan roda belakang.
Kata kunci: indeks understeer, kendaraan roda tiga, kestabilan, quasi dinamik, VDI 2222
Tidak tersedia versi lain