Printed
Rancang Bangun Sistem Auto Limit Kecepatan Berkendara Pada Sepeda Motor Listrik Berdasarkan Level Baterai Dengan Fuzzy PID
Ketersediaan bahan bakar minyak yang cenderung mengalami penurunanmenimbulkan motivasi untuk para peneliti untuk membuat lebih banyakkendaraan ramah lingkungan yang salah satunya ialah sepeda motor listrik denganarus listrik sebagai sumber tenaga penggerak. Namun, energi listrik yang dipakai
di Indonesia ini ternyata 85 persennya masih disumbangkan oleh energi fosil
sehingga dibutuhkan solusi alternatif untuk dapat mengefisiensikan penggunaanenergi listrik pada sepeda motor listrik. Penerapan pembatasan kecepatanpadakendaraan diketahui dapat mengefisienkan penggunaan dari energi. Kecepatandibatasi hingga 40 km/jam saat baterai dibawah 20% agar sistemini dapat
diterapkan dan diterima di masyarakat berdasarkan data survey awal. Oleh karenaitu, dibuatlah sistem untuk membatasi kecepatan sepeda motor listrik berdasarkanlevel baterai untuk mengefisiensikan penggunaan energi listrik pada sepeda motor
listrik. Variabel yang dikendalikan ialah kecepatan motor BLDC dengan metodekendali menggunakan Fuzzy-PID dengan masukan berupa error dan delta errorantara kecepatan referensi dan kecepatan aktual. Perangkat keras yang digunakanialah Raspberry pi 4 model B sebagai pengendali, FTDI, Logic Level Converter, MCP3008, dan HC-06. Keluaran Fuzzy-PID menentukan nilai PWMuntukmengendalikan kecepatan motor BLDC. Hasil Penelitian menunjukkan bahwawaktu rata-rata yang diperlukan sistem untuk mencapai settling time di kecepatan40 km/jam dari beberapa kondisi yaitu 7.363 detik. Penerapan sistemautolimit
kecepatan berkendara pada sepeda motor listrik dapat meningkatkan efisiensi
konsumsi energi listrik terhadap jarak tempuh hingga 57.3%. Kata kunci: BLDC, Fuzzy-PID, Pembatasan Kecepatan, Sepeda Motor Listrik, Efisiensi Konsumsi Energi
Tidak tersedia versi lain