Printed
Rancang Bangun Media Pengajaran Daring Dan Tatap Muka Program Praktik Pneumatik
Pneumatik merupakan salah satu komponen yang sangat berperan dalam perkembangan dunia
industri. Komponen ini menggunakan tekanan udara yang diubah menjadi suatu gerakan lurus (linear) atau
melingkar (rotational). Bisa dilihat sebuah produk dari awal proses penyortiran, pengolahan, assembling,
dan packing dapat berpindah sanggat teratur hingga proses terakhir. Hal ini bisa dilakukan dikarenakan
terdapat beberapa komponen yang dilengkapi dengan sistem pneumatik yang sudah terotomatisasi, seperti
komponen kompeyor, piston pendorong, dan lainya.
Awal tahun 2020 Indonesia dihadapkan dengan pandemi COVID-19, pandemi ini merupakan
bagian dari penyakit corona virus 2019 yang sedang melanda hampir seluruh daerah di dunia. Akibat
pandemi ini, pemerintah mengeluarkan ketetapan agar seluruh aktivitas secara tatap muka dibatasi. Hal ini
berdampak pada proses perkuliahan yang terjadi di Politeknik Manufaktur Bandung. Dalam situasi pandemi
ini proses pembelajaran lebih banyak dilakukan secara daring, oleh sebab itu diperlukan penyesuaian bahan
ajar agar tujuan dari proses belajar mengajar tetap tercapai. Penyesuaian program praktik pneumatik
dilakukan dengan merancang media pengajaran agar kegiatan praktik dapat efektif, yaitu dengan
menyempurnakan modul SKP 1 (Sistim Kontrol Pneumatik 1) dan membuat modul pembelajaran daring
yang berisikan video pengajaran yang dapat digunakan saat kegiatan praktik secara tatap muka maupun
daring.
Setelah melakukan kegiatan rancang bangun media pengajaran dan tahap pengujian, media
pengajaran yang efektif dapat tercapai dimulai dengan perencanaan kegiatan yang baik, yaitu perumusan
tujuan praktik dan indikator capaian pembelajaran, identifikasi materi pokok program mata kuliah,
penentuan metode pengajaran yang sesuai, hingga penentuan sistem penilaian pembelajaran. Kemudian
penyempurnaan modul SKP 1 dengan poin – poin yang disempurnakan diantaranya, yaitu mengganti video
– video cara kerja dari setiap komponen pneumatik, menambahkan video cara penggunaan perangkat lunak
AutoSIM, melengkapi gambar komponen pneumatik, merubah simbol komponen pneumatik, serta
mengoreksi kerancuan pada bagian latihan yaitu antara parameter dengan prosedur. Selanjutnya membuat
modul pembelajaran daring yang berisikan konten pembelajaran interaktif yang memuat gambar serta
keterangan komponen pneumatik dan video – video pembelajaran pneumatik. Setelah dilakukan uji coba
kepada enam mahasiswa, media pengajaran ini mendapatkan nilai indeks keefektifan sebesar 0.97 yang
menyatakan bahwa media pengajaran ini sangat efektif.
Kata kunci : Pneumatik, Pandemi Covid-19, Modul SKP 1 (Sistim Kontrol Pneumatik), Modul
Pembelajaran Daring
Tidak tersedia versi lain