Printed
Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Praktikum Elektro-Pneumatik
Masa pandemik seperti yang kita alami pada saat ini, mendorong kita untuk
melaksanakan segala sesuatu pekerjaan di rumah. Khususnya dalam bidang pendidikan, peserta
didik pun terpaksa melakukan kegiatan belajar dirumah masing-masing dengan pembaharuan
yang ada seperti melakukan pembelajaran secara daring (Dalam Jaringan). Pembuatan media
pembejaran ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa pendidikan vokasi dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan secara praktikum. Media
pembelajaran ini mengusung tema Virtual Reality dengan pembahasan dan materi praktikum
elektro pneumatik. Media ini bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran tanpa harus
melakukan pertemuan langsung atau dilakukan secara daring dan mempermudah staf pengajar
dalam melakukan pembelajaran serta memantau kegiatan pelajar melalui jarak jauh.
Pembuatan media pembelajaran dalam bidang praktikum elektro pneumatik di Polman
berbentuk Virtual Reality berbasis teknologi ini berisikan penampilan latar tempat secara nyata
yaitu laboratorium praktikum elektro pneumatik yang bisa dilihat dengan range 360˚. Media
ini juga dilengkapi 3 alat bantu pembelajaran yaitu modul, video, dan simulasi. Modul
pembelajaran dibuat dengan mengkonversi Powerpoint Typical Presentation menggunakan
aplikasi iSpring Suite agar konten e-learning yang kita sajikan lebih komunikatif dan interaktif,
serta disajikan beberapa gambar sederhana yang membantu pembaca untuk memahami
Visualisasi Tools yang sedang dibahas. Video yang akan ditampilkan berupa video nyata yang
berisi pengenalan alat serta latihan-latihan praktikum elektro pneumatik. Sama halnya dengan
video, simulasi menampilkan latihan pratikum elektro pneumatik dengan menggunakan
aplikasi Festo Fluidsim. Pengujian dillakukan dengan 2 metode yaitu Android Virtual Reality
dan dengan menggunakan kacamata virtual. Kemudian untuk mendapatkan hasil dari
pengujian, penulis membuat dan membagikan kuesioner. Hasil dari kuesioner tersebut
mendapatkan nilai keefektifan sebesar 94%, yang menyatakan bahwa media pembelajaran
berbasis virtual reality ini sangat efektif untuk digunakan ketika kegiatan pembelajaran daring
berlangsung.
Kata kunci : Virtual Reality, Elektro Pneumatik, Media Pembelajaran
Tidak tersedia versi lain