Printed
Pemanfaatan Teknologi Digital Twinpadasistemkendali Ganda Online-Offline Laboratoriummikrokontroler Virtual Berbasis Web
Revolusi Industri 4.0 berdampak hebat di berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya di bidang pendidikan teknik. Konsep pendidikan 4.0 merupakanpengembangan konsep terapan berbasis Industri 4.0 dengan metode digitalisasi
pendidikan teknik melahirkan teknologi inovatif yang mengusulkan cara barukonektivitas dan manajemen data (Teknologi Cloud) dan lingkungan baru untukberbagi pengetahuan dan pelatihan (Augmented dan Virtual Reality) sehinggamendorong pembaharuan digitalisasi pendidikan teknik dengan meningkatkannyake sistem Cyber Physical System (CPS), salah satunya pada ruang lingkuppembelajaran mikrokontroler di pendidikan teknik elektro dan yang serumpun. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk memanfaatkan salah satu bentukCPSkedalam ruang lingkup pembelajaran mikrokontroler dengan menghasilkanTeaching Aid mikrokontroler menggunakan sistem dual control agar dapat
digunakan dalam mode praktikum mikrokontroler baik jarak dekat maupunjarakjauh dan pemanfaatan sistem Digital Twin sebagai representasi dari sistemfisikTeaching Aid mikrokontroler untuk menyempurnakan kontrol jarak dekat danjarak jauh dalam praktikum mikrokontroler menggunakan laboratoriummikrokontroler virtual berbasis web. Sistem fisik Teaching Aid yang dirancangberbentuk compact box dengan 13 jenis komponen praktikum yang dimaksudkanuntuk dapat dikontrol oleh pengguna baik secara langsung menggunakan I/Oyangdisediakan pada trainer kit maupun melalui antarmuka interaktif sistemDigital
Twin berbasis web. Pengujian mode praktikum jarak dekat dan jarak jauh dengan sistemkendali
ganda dilakukan secara berturut-turut sebanyak 10 kali percobaan denganmengunggah program mikrokontroler yang berbeda-beda dengan nilai 86,9%untuk praktikum jarak dekat, nilai 75% untuk praktikum jarak jauh.. Padapengujian mode praktikum jarak jauh dilakukan pula pengujian antarmuka web, pengujian tayangan langsung dengan rata-rata waktu tunda 4,79 detik, dan sistemDigital Twin berbasis web dengan presentase keberhasilan 91,7%. Hasil dari
kuesioner menunjukkan bahwa responden memberi nilai 84,4%mengenai aspekpedagogi sistem secara keseluruhan. Kata kunci : Teaching Aid mikrokontroler, dual control, Digital Twin, website
Tidak tersedia versi lain