Printed
Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Praktikum Elektro-Pneumatik
Masa pandemik seperti yang kita alami pada saat ini, mendorong kita untuk melaksanakan segala sesuatu pekerjaan di rumah. Khususnya dalam bidang pendidikan, peserta didik pun terpaksa melakukan kegiatan belajar dirumah masing-masing dengan pembaharuan yang ada seperti melakukan pembelajaran secara daring (Dalam Jaringan). Pembuatan media pembejaran ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa pendidikan vokasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang seharusnya dilaksanakan secara praktikum. Media pembelajaran ini mengusung tema Virtual Reality dengan pembahasan dan materi praktikum elektro pneumatik. Media ini bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran tanpa harus melakukan pertemuan langsung atau dilakukan secara daring dan mempermudah staf pengajar dalam melakukan pembelajaran serta memantau kegiatan pelajar melalui jarak jauh. Pembuatan media pembelajaran dalam bidang praktikum elektro pneumatik di Polman berbentuk Virtual Reality berbasis teknologi ini berisikan penampilan latar tempat secara nyata yaitu laboratorium praktikum elektro pneumatik yang bisa dilihat dengan range 360°. Media ini juga dilengkapi 3 alat bantu pembelajaran yaitu modul, video, dan simulasi. Modul pembelajaran dibuat dengan mengkonversi Powerpoint Typical Presentation menggunakan aplikasi iSpring Suite agar konten e-learning yang kita sajikan lebih komunikatif dan interaktif, serta disajikan beberapa gambar sederhana yang membantu pembaca untuk memahami Visualisasi Tools yang sedang dibahas. Video yang akan ditampilkan berupa video nyata yang berisi pengenalan alat serta latihan-latihan praktikum elektro pneumatik. Sama halnya dengan video, simulasi menampilkan latihan pratikum elektro pneumatik dengan menggunakan aplikasi Festo Fluidsim. Pengujian dillakukan dengan 2 metode yaitu Android Virtual Reality dan dengan menggunakan kacamata virtual. Kemudian untuk mendapatkan hasil dari pengujian, penulis membuat dan membagikan kuesioner. Hasil dari kuesioner tersebut mendapatkan nilai keefektifan sebesar 94%, yang menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis virtual reality ini sangat efektif untuk digunakan ketika kegiatan pembelajaran daring berlangsung.
Kata kunci: virtual reality, elektro pneumatik, media pembelajaran
Tidak tersedia versi lain