Printed
Kontrol Akftif Cell Balancing Otomatis Pada Battery Management System
Baterai berperan krusial dalam menyimpan dan mengalirkan energi secara berkala. Permintaan akan baterai telah memicu perkembangan industri dan penelitian terkait. Pemilihan jenis baterai dalam sistem tertentu memerlukan pertimbangan khusus untuk memilih tipe yang sesuai. Baterai Lithium-Ion, populer berkat kepadatan energinya yang tinggi, umumnya digunakan dalam otomotif untuk menggerakkan motor listrik. Namun, saat digunakan dalam pak baterai, sering kali muncul masalah ketidakseimbangan sel. Agar tegangan tetap stabil saat pengisian dan penggunaan, pak baterai memerlukan Sistem Manajemen Baterai (Battery Management System/BMS). Ketidakseimbangan sel dalam pak baterai bisa mengganggu kinerja BMS dalam mengatur pengisian dan penggunaan energi, mereduksi masa pakai baterai. Walaupun BMS memiliki rangkaian penyeimbang sel, banyak produk yang masih tidak dilengkapi dengan fitur ini. Karenanya, diperlukan metode penyeimbang tambahan untuk memperpanjang umur baterai. Ada berbagai metode penyeimbang sel, baik yang aktif maupun pasif. Metode aktif memiliki berbagai variasi, termasuk teknik sel-ke-sel, pak-ke-sel, dan sel-ke-pak. Penelitian ini bertujuan menggabungkan beberapa penyeimbang sel dan BMS sesuai kebutuhan dan kapasitas baterai. Fokus utamanya adalah mengembangkan metode kombinasi dari dua buah produk penyeimbang di pasaran agar tetap dapat menyeimbangkan baterai pak dengan konfigurasi tertentu. Metode Flying Capacitor Balancing menjadi pokok utama dalam menyeimbangkan sel baterai karena keunggulan metode ini menggunakan topologi sel ke sel sehingga dapat memaksimalkan kapasitas setiap sel yang tersedia untuk menyeimbangkan baterai. Penelitian ini menghasilkan nilai keseimbangan baterai yang memiliki rentang waktu relatif lama dibandingkan metode lain dengan konfigurasi yang sama dengan pak baterai.
Kata kunci: Penyeimbang Sel Aktif , Baterai pak, Siklus baterai
Tidak tersedia versi lain