VCD
Penerapan Kontrol Akselerasi Pada Sistem Penggerak Mula Turbin Gas Berbasis Motor Elektrik
Mesin Turbin Gas sebagai penggerak utama Generator dan Sentrifugal Kompresor banyak
digunakan di Fasilitas Lapangan Minyak dan Gas Bumi sejak tahun 1960an dan sampai saat
ini banyak yang masih beroperasi dengan populasi lebih dari 500 unit di seluruh Indonesia.
Seiring waktu perlu dilakukan update teknologi atau improvement pada unit-unit Turbin Gas
lama tersebut untuk mempertahankan keandalan dan juga menambah efisiensi salah satunya
adalah penggantian sistem Gerak Mula dari sistem lama yang berbasis Motor Pneumatik
digantikan dengan Sistem Gerak Mula Berbasis Motor Elektrik dengan Sistem Kontrol PLC
dimana saat ini proses rancang bangunnya masih dilakukan oleh tenaga asing di luar negeri.
Rancangan Sistem Gerak Mula yang dibuat harus optimal sehingga biaya investasi peralatan
dan juga pemakaian bahan bakar bisa ditekan se-efisien mungkin, salah satunya caranya adalah
dengan melakukan Penerapan Kontrol Akselerasi yang bisa memaksimalkan kinerja Motor
Elektrik tanpa harus menambah atau memperbesar kapasitas atau ukuran motornya.
Tulisan ini membahas bagaimana perbedaannya apabila kontrol akselerasi tidak diterapkan
atau tidak disetting dengan optimal yang bisa ditunjukkan dengan adanya perbedaan beban
yang diterima Motor Elektrik pada saat Gas Turbin berakselerasi, hal ini bisa terlihat dari hasil
pembacaan alat Current Sensor yang dipasang pada kabel power Motor Elektrik. Dalam
penelitian digunakan rancang bangun berupa Micro Gas Turbine sebagai model fisik yang
merepresentasikan Gas Turbin sebenarnya yang digunakan di Industri.
Untuk mendapatkan setting Kontrol Kontrol Akselerasi yang paling optimal maka harus
dilakukan penyeimbangan asupan bahan bakar dengan kenaikan kecepatan putar motor elektrik
sehingga didapatkan kenaikan kecepatan putar poros Turbin Gas yang kontans dengan tetap
menjaga temperature ruang bakar dibawah ambang batas pada saat kenaikan kecepatan atau
akselerasi sampai tercapai kecepatan mandiri (self-sustaining speed). Hasil penelitian ini
berupa data-data hasil tes percobaan yang bisa menunjukkan korelasi tersebut dalam bentuk
bagan sehingga bisa lebih mudah dipahami.
Kata kunci: Gerak Mula Turbin Gas, Kontrol Akselerasi Turbin Gas, Motor Elektrik
Turbin Gas.
Tidak tersedia versi lain