Printed
Pengebangan Media Pembelajaran Interaktif Mesin Frais Fehlmann P18S Berbasis Teknologi Virtual Reality Dengan Penekanan Standar Operasional Prodesur Dan Penambahan Proses Pemotongan
Virtual Reality (VR) merupakan metode yang sangat baik untuk digunakan dalam
metode pembelajaran pada dunia pendidikan, mengingat Virtual Reality (VR) adalah
salah satu kemajuan teknologi paling inovatif di dunia saat ini, dan potensinya untuk
meningkatkan sistem pendidikan sangat besar. maka diusulkan sebuah gagasan untuk
mengimplementasikan teknologi virtual reality pada praktikum pemesinan dalam
bentuk sebuah simulasi pemesinan yang interaktif sebagai penerapan industri 4.0 pada
pendidikan vokasi di Indonesia. VR digunakan sebagai bentuk penerapan industri 4.0
pada bidang pendidikan terutama pada pendidikan vokasi yang menitik beratkan pada
keterampilan, dengan menggunakan VR dapat mempermudah proses pembelajaran
yang akan diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan pengembangan media
pembelajaran pemesinan frais yang sudah ada sebelumnya dengan menambahkan
materi mengenai proses pemotongan dan penekanan SOP pada setiap materi yang
diberikan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Multimedia
Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup pembuatan concept, design,
material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian dilakukan secara
langsung dengan memberikan kuesioner pada mahasiswa jurusan teknik manufaktur
setelah mencoba media pembelajaran yang dibuat. Hasil yang diperoleh adalah tingkat
keefektifan sebesar 86,14% yang termasuk dalam interval 76-100% dengan kategori
efektif.
Kata kunci : Virtual Reality, Pemesinan frais, Standart Operating Procedure
Tidak tersedia versi lain