Printed
Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Kendali PID Pada Sistem Fisik Elektrik Terintegrasi Aplikasi Pemrograman Grafis
Peningkatan kompetensi pembelajaran terkait pemodelan sistem orde 1 dan 2
adalah hal yang esensial untuk masa depan pendidikan di bidang sistem kendali.
Tercermin dalam perkuliahan Project-Based Learning, Politeknik Manufaktur
Bandung bertekad meningkatkan proses pembelajaran dengan
mengimplementasikan teori dasar pada praktik di bidang mekatronika dan otomasi
melalui pengembangan trainer sistem kendali yang sudah ada. Sebelumnya, trainer
hanya dapat mengendalikan kecepatan dan posisi motor secara eksperimental.
Namun, model ini dianggap kurang mengimplementasikan teori kendali
dikarenakan tidak ada keterlibatan teoritis seperti perhitungan matematis di
dalamnya. Maka, untuk mendukung pemahaman mahasiswa, dibuat sebuah trainer
sistem fisik elektrik yang merepresentasikan pengendalian orde 1 dan 2 melalui
rangkaian RC dengan pendekatan impedansi serta dapat dikendalikan dengan
kendali PID yang terintegrasi dengan sebuah tampilan antarmuka. Trainer ini
divalidasi oleh expert yakni dosen pengampu mata kuliah sistem kendali dan
dievaluasi menggunakan skala Likert berbasis metode EMPI oleh 15 responden
mahasiswa/I untuk penilaian efektivitas antarmuka. Nilai presentase rata – rata
keseluruhan kuisioner yang didapatkan adalah 83,2% dengan modus penilaian yang
dipilih adalah skala 5 yakni sangat setuju dengan pertanyaan yang diajukan. Dengan
hasil yang didapatkan, alat peraga pembelajaran kendali PID pada sistem fisik
elektrik yang terintegrasi aplikasi pemograman grafis dinilai dapat
merepresentasikan pembelajaran teori sistem kendali dasar secara aktual dan dapat
menjadi trainer pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran sehingga
meningkatkan pemahaman dan kompetensi mahasiswa di Politeknik Manufaktur
Bandung pada bidang sistem kendali.
Kata kunci: Mikrokontroler, Pemodelan dan Simulasi, PID, Respon Sistem,
LabVIEW
Tidak tersedia versi lain