Printed
Implementasi Kendali PID Bebas Motor Sebagai Simulator Hambatan Jalan
Model estimasi beban jalan digunakan pada sistem kendaraan listrik. Model estimasi beban jalan merupakan siklus berkendara sebagai Hambatan jalan yang melawan kendaraan. Dalam siklus berkendara, Hambatan jalan pada kendaraan sebagai acuan untuk Alat Simulator Hambatan Jalan dengan menggunakan prinsip alat dinamometer. Dinamometer adalah alat yang dapat digunakan untuk pembebanan motor, baik motor bakar maupun motor listrik. Kinerja motor penggerak dengan pembebanan tersebut dapat diukur dengan melihat torsi, daya, dan efisiensi motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat dengan menggunakan prinsip dinamometer yang dapat mengukur torsi dengan akurat dan sederhana, dengan mengikuti dinamika model hambatan jalan pada siklus berkendara yang sebenarnya. Metode Kuantitatif dalam penelitian ini yang digunakan untuk menganalisis model dinamika hambatan jalan yang sebenarnya berdasarkan estimasi profil permukaan jalan. Alat Simulator Hambatan Jalan memiliki pengaturan beban pada dinamometer hidrolik ini menggunakan kontrol katup yang diatur oleh motor stepper dengan kontrol PID. Untuk melihat karakteristik sistem digunakan software yang mampu membuat untuk melakukan pemodelan, pengendalian, dan simulasi sistem yang dilakukan di Simulink MATLAB. Hasil pengujian menunjukkan Alat Simulator Hambatan Jalan dengan kontrol katup kendali PID dapat memberikan pembebanan pada motor penggerak (SRM). Hasil analisis PID dalam respon sistem dengan respon transient pada simulasi dan aktual menunjukan error 28,36 %. Alat ini bekerja dengan cara mengukur perubahan tekanan fluida hidrolik yang berbanding sama dengan torsi yang diserap, yang mana dihasilkan oleh alat mesin tersebut. Perubahan tekanan fluida menggunakan motor stepper dengan kontrol PID yang mengacu pada model hambatan jalan.
Kata kunci:Kontrol PID, Dinamometer Hidrolik, Hambatan Jalan, MATLAB
Tidak tersedia versi lain