Computer File
Optimalisasi Desain Geometri Komponen MID BRACKET Dan SIDE BRACKET L/R Pada Trolley City Berbahan Nylon 12 Carbon Fiber Menggunakan 3D Printing
Salah satu inovasi yang dikembangkan di Politeknik Manufaktur Bandung adalah sepeda trolley city, yang dirancang khusus untuk memudahkan pengendara membawa barang di bagian depan dan belakang sepeda. Bracket merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi kestabilan sistem pengemudian sepeda ini. Penelitian ini berfokus pada optimasi desain geometri bracket untuk sepeda listrik roda tiga menggunakan material nylon 12 carbon fiber sebagai alternatif material konvensional ST-37. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan material nylon 12 carbon fiber sebagai material akhir, mengurangi penggunaan alat produksi untuk memenuhi kebutuhan skala kecil, serta mencapai desain geometri yang lebih optimal. Metodologi yang digunakan adalah metodologi perancangan desain optimasi menurut Jasbir S. Arora. Metodologi ini mencakup pemahaman terhadap penelitian sebelumnya, penentuan tujuan, variabel optimasi, batasan optimasi, pengembangan alternatif desain rancangan, 3D printing, dan pengujian bracket melalui CAE serta uji lapangan. Hasil penelitian ini adalah prototipe bracket yang lebih ringan, dengan berat 20 gram untuk bracket tengah dan 14 gram untuk bracket samping. Bracket yang dioptimasi ini tidak hanya lebih ringan, tetapi juga memiliki kekuatan yang memadai, dengan tegangan maksimal sebesar 27,018 MPa pada bracket tengah dan 19,675 MPa pada bracket samping, yang keduanya lebih rendah dari tegangan yield strength material nylon 12 carbon fiber, sehingga dinyatakan aman. Selain itu, penurunan massa bracket juga mengurangi penggunaan material dalam produksi, sehingga mengurangi biaya material nylon 12 carbon fiber. Output akhir dari penelitian ini juga mencakup dokumentasi teknik berupa gambar kerja bracket tengah dan samping.
Kata Kunci: 3D Printing. Bracket Trolley City, Nylon 12 Carbon Fiber. Desain Optimasi.
Tidak tersedia versi lain