Printed
Implementasi Kontrol SRM (Switched Reluctance Motor) Sebagai Pengendali Model Kendaraan Listrik
Penurunan cadangan bahan bakar minyak mendorong pengembangan kendaraan
ramah lingkungan, khususnya kendaraan listrik. Switched Reluctance Motor (SRM)
menjadi salah satu opsi penggerak kendaraan listrik yang banyak digunakan, karena
konstruksi yang sederhana dan tangguh. Kendali PI (Proportional Integral)
memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja SRM. Dalam penelitian ini,
implementasi kendali PI pada driver SRM untuk model kendaraan listrik dijabarkan
dengan penggunaan dinamometer hidrolik sebagai pembebanan, memungkinkan
variasi simulasi kondisi berkendara. Penggunaan MATLAB sebagai antarmuka
kontrol dan mikrokontroler Arduino memberikan pendekatan menyeluruh dalam
mengembangkan sistem kontrol kendaraan listrik. Hasil penelitian model SRM
sebagai representasi kendaraan listrik ini menunjukkan perbandingan torsi SRM
dengan torsi kendaraan yaitu 1 : 139.69, pada kecepatan SRM 1500 rpm dan kondisi
kemiringan jalan maksimum pada 0.15 rad. Implementasi kontrol SRM dengan
pengendalian PI menggunakan Kp = 0.006159 dan Ki = 0.054752 menunjukkan
respon sistem dengan delay time 1 detik, rise time 9 detik, peak time 12.5 detik,
maksimum overshoot 1508 rpm (0.54% dari set point 1500 rpm), dan settling time
12.5 detik dengan toleransi steady state error sebesar 2% (±30 rpm). Implementasi
pada plant memberikan performa yang lebih stabil dengan overshoot 0.54% namun
settling time lebih lama sebesar 12.5 detik dibandingkan dengan simulasi pada
simulink yang lebih cepat dengan settling time 0.1181 detik, tetapi overshoot lebih
besar yaitu 8.881% (1633.21 rpm).
Kata kunci: Arduino, Kendaraan Listrik, Kontrol PI, MATLAB, Switched
Reluctance Motor (SRM)
Tidak tersedia versi lain