Printed
Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar
Apakah siswa telah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu sesuai dengan tujuan pengajaran? Apakah nilai yang diperoleh siswa itu benar-benar objektif dan representatif artinya menggambarkan hasil yang diperolehnya setelah mengalami proses belajar? Apakah proses belajar mengajar sudah cukup efisien dan produktif? Jika belum, apa saja yang masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan?
Semua pertanyaan itu - dan tentunya masih banyak pertanyaan lainnya yang lebih spesifik - hanya akan dapat terjawab jika dilaksanakan sistem penilaian yang tepat. Memang, penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran belum lengkap jika tidak disertai penilaian, baik tentang hasil yang dicapai setelah proses belajar mengajar maupun tentang proses belajar mengajarnya itu sendiri.
Bab I Hakikat & Lingkup Penilaian Hasil & Proses Belajar
Mengajar
Bab II Hasil Belajar sebagai Objek Penilaian
Bab III Tes sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar
Bab IV Proses Belajar Mengajar sebagai Objek Penilaian
Bab V Nontes sebagai Alat Penilaian Hasil & Proses Belajar
Mengajar
Bab VI Pengolahan Data Hasil Penilaian
Bab VII Analisa Butir Soal
Bab VIII Pelaporan & Pemanfaatan Hasil Penilaian
Tidak tersedia versi lain