Printed
Balanced Scorecard
Penjelasan bagaimana menggunakan alat yang revolusioner untuk memobilisasi sumber daya manusia dalam rangka mencapai misi perusahaan. Balanced Scorecard, lebih dari sekedar sebuah sistem pengukuran, adalah sebuah sistem manajemen yang dapat digunakan untuk mengarahkan segenap energi, kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki para pekerja didalam sebuah perusahaan bagi pencapaian tujuan strategis jangka panjang.
Kaplan & Norton memaparkan kiprah bagaimana para eksekutif senior dari berbagai industri seperti perbankan, perminyakan, asuransi, dan ritel, dalam menggunakan berbagai ukuran Balanced Scorecard bagi kinerja perusahaan saat ini maupun pencapaian sasaran kinerja masa depan. Dalam mengukur kinerja perusahaan, mereka mengelompokkannya ke dalam empat kategori: 1) kinerja finansial, 2) pengenalan pelanggan, 3) proses bisnis internal, 4) pembelajaran dan pertumbuhan. Semuanya diarahkan sebagaiupaya untuk menyelaraskan inisiatif perorangan, organisasional, dan lintas departemen serta untuk mengidentifikasi berbagai proses baru yang dibutuhkan dalam memenuhi tujuan pelanggan dan pemegang saham.
Kedua pengarang juga menjelaskan cara penggunaan Balanced Scorecard sebagai sebuah sistem pembelajaran yang dapat diandalkan untuk menguji, memperoleh umpan balik, dan memperbaharui strategi perusahaan.
Pada akhirnya, kedua pengarang memaparkan langkah-langkah penerapan Balanced Scorecard yang dapat digunakan oleh para manajer berbagai jenis perusahaan untuk membangun Balanced Scorecard di perusahaan mereka masing-masing. Balanced Scorecard (BSC) menyediakan perusahaan sebuah sistem manajemen untuk berinvestasi dalam jangka panjang, dalam kaitannya dengan pelanggan,pekerja, pengembangan produk baru, dan sistem, bukan hanya sekedar mengusahakan peningkatan laba jangka pendek. Balanced Scorecard akan mengubah cara anda mengukur dan mengelola usaha.
1 Pengukuran & Manajemen di Abad Informasi , 1-18
2 Mengapa Dunia Bisnis Membutuhkan Balanced
Scorecard , 19-36
BAGIAN 1 MENGUKUR STRATEGI BISNIS (37-166):
3 Perspektif Finansial , 41-54
4 Perspektif Pelanggan , 55-79
5 Perspektif Proses Bisnis Internal , 80-108
6 Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan , 109-127
7 Menyelaraskan Ukuran Balanced Scorecard dengan
Strategi Anda , 128-145
8 Struktur & Strategi , 146-166
BAGIAN 2 MENGELOLA STRATEGI BISNIS (167-256):
9 Mencapai Keselarasan Strategis: dari atas ke
bawah , 174-194
10 Target, Alokasi sumber daya, Inisiatif, dan
Anggaran , 195-217
11 UmpanBalik&Proses Pembelajaran Strategis,218-236
12 Melaksanakan Program Manajemen Balanced
Scorecard , 237-256
Lampiran: Membangun Sebuah Balanced Scorecard ,
257-271
Tidak tersedia versi lain