Printed
Perancangan Otomatisasi Kereta Dorong Untuk Menunjang Sistim Pemindahan Barang di Bengkel Mekanik Polman - ITB
Sistem transportasi material dibengkel mekanik Polman ITB masih menggunakan kereta dorong yang dikendalikan secara manual. Kelemahan alat ini adalah selain memerlukan tenaga yang besar juga sulit dikendalikan pada saat digunakan. Namun kelemahan-kelemahan tersebut diatas bisa dikurangi dengan menggunakan kereta dorong otomatis.
Dengan prosedur pengendalian yang sederhana, kereta dorong otomatis ini mampu dikendalikan oleh satu tangan dengan bantuan sebuah Joystick. Kita dapat mengontrol kecepatan dan arah gerakan kereta dorong melalui joystick tersebut. Dengan frekuensi 26.xxx MHz sampai 27.xxx MHz, data dari joystick akan dipancarkan ke sebuah penerima yang ada di kereta dorong. Oleh penerima, data tersebut diolah dan dikeluarkan dalam bentuk pulsa dengan lebar pulsa yang sesuai dengan data yang dikirim. Pulsa tersebut akan diberikan kepada setiap kontrol, yaitu kontrol kecepatan dan kontrol posisi. Pulsa ini mempunyai frekuensi 50 Hz. Lebar pulsa yang diberikan pada kontrol kecepatan akan menentukan kecepatan motor penggerak. Demikian pula pada kontrol posisi, lebar pulsa yang diberikan akan menentukan besar kecilnya radius belokan dari gerakan kereta dorong. Untuk mendukung fungsi sistem kontrol yang otomatis tersebut maka konstruksi kereta dorong yang ada dimodifikasi sedemikian rupa dengan menambahkan beberapa bagian konstruksi, yaitu sistem transmisi, sistem kemudi, dan perlengkapan lainnya.
Dengan pengotomasian kereta dorong ini, diharapkan kereta dorong menjadi lebih mudah dioperasikan, lebih ringan penanganannya, sehingga pengiriman material dari suatu tempat ke tempat lain bisa berlangsung lebih cepat.
Tidak tersedia versi lain