Printed
Rancangan Perbaikan Sistem Pencatatan (Maintenance Record) Untuk Chiller CVHE di PT. Tata Solusi Pratama
Pada saat krisis ekonomi kita semua tahu perkembangan ekonomi Indonesia disegala bidang. Begitu pula di PT. Tata Solusi Pratama, dari segi penjualan unit menurun yang sangat tajam. Oleh karenanya PT. Tata Solusi Pratama sangat mengharapkan peningkatan dari sektor jasa servis-nya dan dapat diketahui dari moto perusahaan saat ini adalah tahun servis (service year). Untuk bisa mencapai hal tersebut, departemen servisnya perlu dilakukan pembenahan dari dalam maupun luar. Dari dalam dengan maksud membenahi sistem managemen servis itu sendiri dan dari luar dalam arti bagaimana meningkatkan kepercayaan konsumen. Dari permasalahan di atas kami mencoba membuat rancangan perbaikan beberapa sistem managemen servis-nya.
Adapun beberapa aspek yang harus diperhatikan yakni:
1. Pendataan laporan kerja.
Saat ini di PT. Tata Solusi Pratama masih menggunakan sistem pencatatan (recording system) masih dilakukan secara manual dan masih ditemukan beberapa kendala pada saat pendataan ulang karena belum menggunakan standar penulisan yang dilakukan oleh teknisi. Oleh karena itu kami mencoba membuat suatu data base dari sistem pencatatan (recording system) tersebut.
2. Penyusunan teknik kegiatan.
Belum adanya penyusunan teknis kegiatan dari kegiatan servis yang akan menimbulkan berbagai masalah salah satunya adalah kesulitan pada saat rolling atau estafet kegiatan pekerjaan oleh karena itu kami akan merancang susunan kegiatan untuk kegiatan servis terencana.
3. Penentuan material dan peralatan yang akan digunakan
Saat ini penentuan material dan alat bantu yang akan digunakan masih berdasarkan pengalaman dari setiap teknisi. Masalah ini dapat dilakukan apabila permasalahan yang pertama dan kedua telah dilakukan.
4. Belurn tercapainya waktu efektif kerja.
Saat ini masih belum adanya penetapan waktu standar dari suatu kegiatan servis, jadi waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang sama cenderung berbeda-beda walaupun dikerjakan oleh teknisi se-Ievel.
5. Alat pengendali berupa kartu riwayat chiller.
Dari keempat aspek diatas akan digabungkan dalam sebuah alat pengawas kegiatan perawatan yang berupa kartu. Dimana kartu ini menjelaskan segala kegiatan yang dilakukan terhadap chiller ini. Dalam hal ini maka baik dari pihak PT. Tata Solusi Pratama itu sendiri maupun dari pemilik chiller. Hal ini akan menimbulkan suatu kerja sama yang sangat menguntungkan di kedua belah pihak.
Tidak tersedia versi lain