Printed
Perancangan Proses Pembuatan Tromol Rem Dengan Improvisasi Terhadap Sifat Mekanik Material FC 30
Tromol Rem adalah komponen dari sistem pengeremen pada kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat, menghentikan termasuk mempertahankan laju kendaraan pada kondisi jalan menurun meskipun kondisi diam.
Tuntutan pada produk ini adalah bahwa suatu tromol rem harus memiliki ketahanan gesek, mampu redam getaran, dan konduktifitas panas yang tinggi sehingga faktor keamanan dalam berkendaraan bisa terjaga.
Dalam karya tulis ini dibahas mengenai perencanaan proses pembuatan tromol rem untuk jumlah pesanan 100 buah mulai dari perancangan sampai dengan penentuan harga jual produk.
Disini juga dilakukan beberapa percobaan untuk mengubah sifat material dasar dengan menambahkan berbagai unsur paduan seperti Tembaga (Cu), Chrom (Cr), Molybdenum (Mo) dan Nikel (Ni). Material dasar yang digunakan adalah Besi Cor Kelabu yang memiliki kekuatan tarik minimal 300 N/mm2 atau yang lazim disebut dengan FC 30.
Setelah melalui beberapa pengujian maka yang dipilih untuk material tromol Rem yang mendekati spesifikasi dari pabrik pembuat adalah FC 30 dengan penambahan 0,1 % Cr dan 0,7% Cu.
Tidak tersedia versi lain