Printed
Perancangan Dan Pembuatan Dipping Crank Shaft
Dalam isi makalah ini kami mencoba menuangkan proses perancangan dan pembuatan Dipping Crank Shaft. Dipping Crank Shaft ini dibuat sebagai salah satu alat pendukung dalam projek pembuatan engine mesin yang terdapat pada mesin Kijang Innova. Dipping Crank Shaft ini digunakan pada divisi produksi untuk pemberian lapisan anti karat pada Crank Shaft. Dipping Crank Shaft ini merupakan bagian yang di dalamnya terdapat dua fungsi sekaligus yaitu sebagai tempat bak untuk media anti karat (oli) dan sebagai dudukan Crank Shaft itu sendiri pada saat penirisan berlangsung. Dalam pembuatan Dipping Crank Shaft ini melalui proses-proses permesinan yaitu: Bubut, Frais, Gerinda, dan Pengelasan. Selain itu dilakukan pula proses perlakuan panas (Hardening) pada sejumlah bagian part yang memerlukan kekerasan tertentu. Dengan adanya Dipping Crank Shaft ini proses produksi Crank Shaft di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dapat berlangsung secara efisien dan efektif. Untuk menghasilkan Crank Shaft dengan baik dan tidak cepat berkarat memerlukan waktu yang ralatif cepat, hal ini bisa dilihat dari kebutuhan pengadaan produk sebanyak ± 500 produk/hari. Dipping Crank Shaft ini sangat membantu dalam mengantisipasi kenaikan permintaan produksi, khususnya pada saat diluncurkannya produk baru Kijang Innova.
Tidak tersedia versi lain