Printed
Implementasi Algoritma Bresenham Pada Interpolasi 2 Axis Berbasis Perancangan Digital
Penggunaan algoritma untuk interpolasi 2 axis, sekarang ini semakin meningkat terutama pada bidang manufaktur. Algoritma-algoritma yang digunakan pun semakin bervariasi dengan media pemrograman yang bervariasi pula. Namun tidak semua algoritma tersebut dapat secara mudah diterapkan karena variabel-variabel yang dimiliki oleh algoritma itu sendiri yang rumit sehingga menyebabkan waktu komputasi yang tinggi, sedangkan untuk interpolasi 2 axis itu sendiri dibutuhkan proses komputasi yang rendah. Hal tersebut sangat berguna pada zaman sekarang ini, karena perkembangan teknologi yang mengutamakan kecepatan proses untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Algoritma bresenham merupakan algoritma dengan dasar operasi bilangan integer, sehingga memerlukan waktu operasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan algoritma yang menggunakan operasi bilangan riil, salah satunya adalah seperti algoritma DDA (Digital Dtffrential Analyzer) yang biasa digunakan untuk menggambarkan garis. Algoritma bresenham ini biasa digunakan pada computer graphics untuk menggambarkan garis, yang nantinya dapat membentuk sebuah objek gambar.
Tugas Akhir (TA) ini mencoba mengimplementasikan algoritma bresenham untuk interpolasi 2 axis, yang mana nantinya bisa diterapkan pada mesin-mesin CNC maupun pada perangkat-perangkat lainnya yang membutuhkan gerakan interpolasi 2 axis. Perancangan implementasi algoritma bresenham itu sendiri berbasis perancangan digital yang menggunakan software Max+Plus II.
Hasil uji coba masing-masing subprogram pada perancangan program implementasi algoritma bresenham tersebut sudah berfungsi dengan baik. Namun hasil uji coba secara keseluruhan program dengan pengintegrasian sub-sub programnya belum begitu sempurna. Hal ini disebabkan oleh komunikasi antar subprogram yang belum sinkron.
Tidak tersedia versi lain