Printed
Pembuatan Jig Drill Untuk Menghindari Patahnya Drill Diameter 2 Pada Proses Pengeboran Miring Kepala Piston Type KFV Di Mesin Dril Oil & Hole
PT. Federal Izumi Manufakturing Indonesia merupakan perusahaaan yang bergerak dibidang otomotif Perusahaan ini membuat piston, salah satu komponen yang diperlukan untuk engine mesin.
Piston-piston yang diproduksi adalah untuk jenis mobil seperti : Xenia, Daihatsu, Nissan dll. Untuk jenis sepeda motor seperti : Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki. Pada variasi sepeda motor dibuat tipe untuk membedakan jenis piston yang diproduksi diantaranya piston Honda Supra X diberi tipe GN 5, Yamaha Jupiter diberi tipe KFV, Supra Fit diberi tipe KPHF.
Pada lubang miring dalam kepala piston tipe KFV berfungsi sebagai sirkulasi pelumasan oli. Karena dalam konstruksi gambar kerja produk terdapat 2 proses pengeboran yaitu pengeboran miring dan lurus maka PT FIM memesan kepada supplier mesin yaitu PT. Astra Otoparts untuk membuat mesin dengan dua kondisi, mesin ini dinamakan mesin DOH (Drill Oil Hole). Pengeboran yang dilakukan oleh mesin DOH ini adalah secara otomatis. Dalam pengeboran otomatis miring tersebut, posisi piston dalam keadaan horizontal yang diletakkan diatas jig, dan drill dicekam oleh selfeeder. Pada saat pengeboran, drill akan patah karena tidak adanya awalan center drill dan posisi pengeboran tersebut berlangsung miring.
Oleh karena itu untuk menghindari patahnya drill pada saat pengeboran miring otomatis, dibuatlah alat yang dipasang pada selfeeder. Alat itu dinamakan Jig Drill Oil Hole Auto. Alat Bantu ini sangat berguna sekali untuk menghindari patahnya drill saat pengeboran berlangsung miring. Konstruksi jig ini sangat sederhana tetapi bermanfaat untuk :
1. Mencegah drill patah saat pengeboran berlangsung.
2. Mempercepat proses pengeboran lubang piston dalam jumlah massal.
3. Menyeragamkan produk.
4. Efisiensi penggunaan alat dan mesin
5. Efisiensi dari waktu penyetingan alat potong.
Tidak tersedia versi lain