Printed
Pembuatan Sistem Pneumatik Pada Model United Cam Engine
United cam engine merupakan mesin rotari (rotary engine) dimana ruang bakar tidak berbentuk piston-silinder tetapi berbentuk cam yang disatukan pada sebuah silinder. Bagian utama pada ruang bakar ini terdiri dari : stator kiri, rotor dan stator kanan. Prinsip keIjanya adalah gerakan zig-zag rotor berubah menjadi putaran. Rancangan dasar united eam engine hanya sebatas modelnya saja karena untuk pembuatan yang sempuma memerlukan tahapan-tahapan yang hams dilakukan : pembuatan model, perancangan ( lengkap dengan gambar keIja), pembuatan prototype, pengujian prototype, dokumentasi, evaluasi dan publikasi. Model united earn engine ini menggunakan material nilon karena material ini mempunyai sifat tahan gesekan dan ulet, dan harga yang murah dibanding material yang lain. Pada karya tulis ini hal yang akan dibahas adalah pembuacin siStem pneumatik pada model united eam engine. Sistem pneumatik ini digunakan untuk simulasi pada proses pembakaran pada united eam engine. Sistem pneumatik dipiJih karena mempunyai kelebihan dari sistem yang lain. Udarn kempa ini digunakan untuk mendorong rotor sehingga rotor dapat bergerak zig-zag (udarn disalurkan pada arah kanan dan kiri rotor secara bergantian). Agar udara dapat berhembus bergantian maIm dipasang sensor. Sensor yang digunakan adalah sensor induksi ( proximity sensor). Sistem pneumatik yang dibuat hanya digunakan pada model united eam engine. Pada kenyataannya nanti, bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan proses pengapian menggunakan busi. Jika model united eam engine ini dapat terwujud menjadi sebuah produk, maka engine ini akan sangat diunggulkan karena konstruksinya yang sederhana yaitu tidak menggunakan poros engkol (crankshaft) dan poros nok (camshaft)•
Tidak tersedia versi lain