Printed
Perhitungan Pada Rancangan Sistem Konveyor Mesin Transport Loading-Unloading Penimbang Ban
Kesetimbangan (balance-)-pada ban sangat berpengaruh pada keselamatan pemakai kendaraan. Ban yang tidak balance akan dapat mengakibatkan ketidaksetimbangan saat motor melaju hingga mengakibatkan kecelakaan. Untuk itu perlu dilakukan pengujian dan pengaturan kesetimbangan pada ban sebelum ban tersebut dipasang pada sepeda motor.
Pengujian dan pengaturan kesetimbangan ban pada sepeda motor dilakukan setelah ban terpasang pada velg. Sebelum ban terpasang pada velg, maka baik velg maupun ban harus terkondisikan keadaaan kesetimbangannya, sehingga pada kondisi terpasang dilakukan koreksi untuk mencapai kesetimbangan. Pemeriksaaan ketidakseimbangan ban dilakukan sebatas toleransi yang diizinkan untuk kemudian dijadikan pedoman posisi pemasangan pada velg. Hal ini dilakukan setelah ban diproduksi. Pengujian pada ban hasil produksi dilakukan hanya untuk menentukan posisi titik teringan ban untuk memudahkan proses balancing ketika ban dipasang pada velg.
Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur Politeknik Manufaktur Negeri Bandung menerima pesanan pembuatan rancangan mesin untuk menimbang dan menandai bagian teringan pada ban luar sepeda motor. Mesin ini disebut Mesin Transport Loading-Unloading Penimbang Ban Luar Sepeda Motor.
Perancangan mesin ini dilakukan oleh salah seorang staf jurusan Teknik Perancangan Manufaktur yang menerapkan metode empiris dalam menentukan dimensi mesin. Untuk itu perlu dilakukan pembuktian dengan melakukan penghitungan untuk melihat apakah dimensi yang ditetapkan perancang cukup, terlalu kuat atau bahkan kurang kuat.
Proses perhitungan pada rancangan ini dibatasi pada sub fungsi sistem konveyor loading dan konveyor gerak. Penghitungan dilakukan dengan menggunakan perhitungan kekuatan bahan dan analisis elemen mesin seperti rantai, sproket dan bantalan. Dari hasil hitungan ini diperoleh perbandingan antara perkiraan empiris dengan hasil analisis.
Tidak tersedia versi lain