Presents the state of the art regarding geometrical dimensioning and tolerancing. It describes the international standardization in this field, which is laid down in ISO Standards. It indicates the deviations between the American Standard ASME Y14.5M, the former East European Standards and the ISO Standards. It describes the additional specifications laid down in the German Standards (DIN Stand…
14 Gambar Desain & Kerja , 1-79 15 Reproduksi & Pengendalian Gambar , 80-90 16 Proyeksi Aksonometrik , 91-128 17 Proyeksi Miring , 129-148 18 Perspektif , 149-173 19 Perpotongan & Pembentangan , 174-203 20 Sistem Roda Gigi & Nok , 204-228 21 Diagram Elektronik , 229-248 22 Gambar Bangunan , 249-271 23 Pembuatan Gambar & Peta Topografi , 272-288 24 Gambar Sistem Pipa , 289-3…
1 Bahasa dan Rencana Gambar 1 2 Pengantar ke CAD 14 3 Membuat Gambar dengan Instrumen, Membuat Sketsa dengan Tangan (tanpa Instrumen) dan Cara Menulis Huruf 96 4 Konstruksi Geometri 136 5 Sketsa Teknik dan Penguraian Bentuk 136 6 Proyeksi Pandangan Majemuk 168 7 Pandangan Potongan 221 8 Pandangan Tambahan 245 9 Putaran 276 10 Desain dan Proses Pembu…
1 Fungsi & Sifat Gambar sebagai Bahasa Teknik , 1-16 2 Garis & Huruf dalam Gambar , 17-22 3 Alat-Alat Gambar & Penggunaannya , 23-36 4 Konstruksi Geometris , 37-52 5 Penyajian Benda-Benda Tiga Dimensi , 53-64 6 Cara-Cara Proyeksi yang Dipergunakan pada Gambar Kerja , 65-70 7 Aturan-Aturan Dasar untuk Penyajian Gambar , 71-76 8 Potongan (Irisan) , 77-84 9 Cara-Cara Pengg…
I PENDAHULUAN 1 A. Pengertian 1 B. Tujuan Penggunaan JF1 1 C. Perhitungan Perkiraan Ekonomi dalam JF2 2 D. Klasifikasi JF 3 E. Hubungan JF-BK-Mesin 11 II DASAR-DASAR PERANCANGAN 12 A. Pertimbangan Pembuatan JF 14 B. Aspek Teknis Pembuatan JF 15 C. Dasar Kebebasan Gerak BK 16 D. Over Definisi Eliminasi Kebebasan 16 III PELOK…
Animasi 2D, yang merupakan acuan untuk animasi 3D, masih ditemukan gerakan yang tidak alami dan patah-patah. Buku ini memberikan solusi buat yang serius ingin menguak rahasia animasi 2D yang pasti memudahkan penerapan pada software 3D animasi. Buku '2D Animation - Book A' ini berfokus pada prinsip-prinsip animasi dan contoh gerakannya serta penerapan menggunakan software 2D. Buku ini t…
1 ULIR SEKERUP (1-16): 1 Umum , 1 2 Cara Menggambar Ulir , 2 3 Cara Menggambar Ulir dalam Susunan , 4 4 Macam-Macam Ulir Sekerup , 5 5 Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggambar Pengikat dengan Ulir Sekerup , 15 2 PEGAS (17-20) 3 RODA GIGI (21-46): 1 Pendahuluan , 21 2 Beberapa Pandangan , 21 3 Cara Menggambar Roda Gigi , 21 4 Simbol untuk R…
A comprehensive introduction covering the essential principles of constructing, interpreting & understanding technical drawings. Fully illustrated throughout, this book emphasises the need to learn by practice & experience. Advice on the choice of equipment & the conventions of linework, lettering & representation is followed by a clear explanation of geometrical, orthographic & pictori…
Many established books on engineering drawing & design have been reissued in SI metric units. This is a completely new book which introduces both drawing & design in a new way that is more in tune with contemporary methods & syllabuses. This book not only covers all the important topics of engineering drawing but examines a realistic design problem, showing how it develops from a vague …