Printed
Manajemen Pendidikan
BAB I PENGERTIAN DAN FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN
1.1 Pendahuluan
1.2 Pengertian Manajemen Sekolah
1.3 Fungsi Manajemen
1.4 Bidang Kegiatan Pendidikan
BAB II MANAJEMEN KURIKULUM
2.1 Pendahuluan
2.2 Pengertian Manajemen Kurikulum
2.3 Tujuan Manajemen Kurikulum
2.4 Alur Manajemen Kurikulum
2.5 Prinsip-Prinsip Manajemen Kurikulum
2.6 Ruang Lingkup Manajemen Kurikulum
2.7 Proses Manajemen Kurikulum
2.8 Faktor Pendukung dan Penghambat Proses Manajemen Kurikulum
BAB III MANAJEMEN KESISWAAN (STANDAR KOMPETENSI LULUSAN)
3.1 Pendahuluan
3.2 Pengertian Manajemen Kesiswaan
3.3 Fungsi dan Tujuan Manajemen Kesiswaan
3.4 Prinsip-Prinsip Manajemen Kesiswaan
3.5 Ruang Lingkup Manajemen Kesiswaan
3.6 Pendekatan Manajemen Kesiswaan
3.7 Layanan yang Menunjang Manajemen Kesiswaan
3.8 Peran Guru dalam Manajemen Kesiswaan
3.9 Arah Pembinaan Siswa
BAB IV MANAJEMEN PROSES PEMBELAJARAN
4.1 Pendahuluan
4.2 Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
4.3 Supervisi Pendidikan
4.4 Perbedaan Supervisi dan Pendampingan
4.5 Pendampingan Guru
4.6 Peran Pendamping dari Pesrpektif Pendampingan
4.7 Peran Dampingan
BAB V STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN
5.1 Pendahuluan
5.2 Tata Kelola pada Satuan Pendidikan
5.3 Kepemimpinan Kepala Sekolah
5.4 Kompetensi Manajeriak Kepala Sekolah
5.5 Budaya Organisasi Sekolah
BAB VI MANAJEMEN PERSONALIA
6.1 Pendahuluan
6.2 Pengertian Manajemen Personalia
6.3 Fungsi-Fungsi Manajemen Personalia
6.4 Pengembangan Personalia
6.5 Proses Pelatihan dan Pengembangan
6.6 Penilaian Kebutuhan Pelatihan
6.7 Prinsip-Prinsip Pembelajaran
6.8 Metode dan Media Pelatihan dan Pengembangan
6.9 Evaluasi Pelatihan dan Pengembangan
6.10 Pengembangan Guru
BAB VII MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA
7.1 Pendahuluan
7.2 Pengertian Manajemen Sarana dan Prasarana
7.3 Proses Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan
BAB VIII MANAJEMEN KEUANGAN
8.1 Pendahuluan
8.2 Pengertian Manajemen Keuangan
8.3 Prinsip Manajemen Keuangan
8.4 Pengertian Manajemen Keuangan di Sekolah
8.5 Administrasi Keuangan di Sekolah
8.6 Tujuan Manajemen Keuangan di Sekolah
8.7 Kreativitas Menggali Dana
BAB IX MANAJEMEN PENILAIAN
9.1 Pendahuluan
9.2 Pengertian Asesmen Kinerja Manajemen Pendidikan
9.3 Tujuan Asesmen
9.4 Tujuan Manajemen Kinerja
9.5 Proses Manajemen Kinerja
9.6 Paradigma Baru dalam Memanajemeni Kinerja
9.7 Kriteria Penilaian Kinerja
9.8 Syarat-syarat Berkualitasnya Penilaian Kinerja 9.9 Langkah-langkah Membuat Performance Assessment
9.10 Penilaian Program Sekolah
9.11 Penilaian Kinerja Guru
9.12 Penilaian Siswa
BAB VIII MANAJEMEN KEUANGAN
8.1 Pendahuluan
8.2 Pengertian Manajemen Keuangan
8.3 Prinsip Manajemen Keuangan
8.4 Pengertian Manajemen Keuangan di Sekolah
8.5 Administrasi Keuangan di Sekolah
8.6 Tujuan Manajemen Keuangan di Sekolah
8.7 Kreativitas Menggali Dana
BAB IX MANAJEMEN PENILAIAN
9.1 Pendahuluan
9.2 Pengertian Asesmen Kinerja Manajemen Pendidikan
9.3 Tujuan Asesmen
9.4 Tujuan Manajemen Kinerja
9.5 Proses Manajemen Kinerja
9.6 Paradigma Baru dalam Memanajemeni Kinerja
9.7 Kriteria Penilaian Kinerja
9.8 Syarat-syarat Berkualitasnya Penilaian Kinerja
9.9 Langkah-langkah Membuat Performance Assessment
9.10 Penilaian Program Sekolah
9.11 Penilaian Kinerja Guru
9.12 Penilaian Siswa
BAB X HUBUNGAN MASYARAKAT
10.1 Pendahuluan
10.2 Pengertian Manajemen Humas
10.3 Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
10.4 Tujuan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
10.5 Jenis Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
10.6 Teknik Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
10.7 Bentuk-bentuk Hubungan Sekolah
10.8 Sistem Manajemen Informasi
BAB XI KOMITE SEKOLAH
11.1 Pendahuluan
11.2 Komite Sekolah
11.3 Organisasi Komite Sekolah
11.4 Peranan Komite Sekolah dalam Pengelolaan Pendidikan
11.5 Wewenang Komite Sekolah
11.6 Kegiatan Pokok Komite sekolah
11.7 Pekerjaan Rumah Komite Sekolah
BAB XII MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
12.1 Pendahuluan
12.2 Komponen Manajemen Peningkatan Mutu
12.3 Strategi dan Teknik Manajemen Peningkatan Mutu
12.4 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan
12.5 Konsep Global Mutu Pendidikan dan Hasil belajar Mutu
BAB XIII MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
13.1 Pendahuluan
13.2 Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
13.3 Latar Belakang Munculnya Manajemen Berbasis Sekolah
13.4 Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
13.5 Manfaat Manajemen Berbasis Sekolah
13.6 Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah
13.7 Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah
13.8 Ukuran Keberhasilan Impelementasi MBS
13.9 Hambatan dalam Implementasi MBS
13.10 Pelajaran Tentang Praktik MBS dari Paman Sam
XIV KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
14.1 Pendahuluan
14.2 Kepemimpinan Pendidikan
Tidak tersedia versi lain