Printed
Konsep Dasar Siklus PDCA ( PLAN-DO-CHECK-ACTION ) Dengan Tujuh Alat Bantu Statistik dalam Sistem Pengendalian Mutu Terpadu
Tema diatas bertitik tolak dari defenisi tentang kualitas. Untuk memenangkan kompetisi didunia Industri, maka kualitas/mutu harus didefenisikan sebagai kepuasan pelanggan (konsumen). Dimana kepuasan pelanggan yang dimaksud harus meliputi
1) Quality, yaitu kalitas produk
2) Cost, yaitu kualitas harga produk
3) Delivery, yaitu kualitas waktu penyampaian barang
4) Safety, kualitas keamanan saat produk digunakan.
5) Moral yaitu kualitas pelayanan
Untuk mencapai sasaran di atas dibutuhkan suatu sistem Pengendalian Mutu Terpadu yang harus melibatkan seluruh bagian didalam perusahaan Siklus PDCA dipakai sebagai alat pengendali mutu Dalam praktek dilapangan siklus PDCA dikembangkan menjadi PDCA 8 Langkah untuk peningkatan dan tujuh alat bantu statistik dipakai sebagai alat untuk mengolah data-data pangendalian
Tingkat keberhasilan dan sistem Pengendalian Mutu Terpadu sangat ditentukan oleh komitmen, involvement dan leadership pimpinan perusahaan serta kualitas sumber daya manusianya sebagai pelaksana di lapangan
Tidak tersedia versi lain