Printed
Anjungan Tiket Mandiri (ATM)
Tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk meningkatkan pelayanan jasa terutama di bidang transportasi khususnya yang berhubungan dengan pemasaran tiket perjalanan kereta api. Umumnya calon penumpang harus mengantri di depan loket untuk mendapatkan tiket sesuai tujuan yang diinginkan yang di dalamnya terdapat seorang petugas yang melayani tiap calon penumpang ke berbagai jurusan.
Keadaan di atas tidak saja merepotkan petugas sehingga dapat memperlambat proses penjualan tiket melainkan juga bagi calon penumpang itu sendiri. Selain itu karena loket hanya buka pada jam-jam tertentu sebelum keberangkatan kereta maka antrian panjang bisa saja terjadi. Hal ini menyebabkan turunnya mutu pelayanan loket kereta api.
Alat yang kami beri nama ATM (Anjungan Tiket Mandiri) ini akan menggantikan tugas di atas. Secara umum prinsip kerjanya sebagai berikut :
Calon penumpang diharuskan memasukkan sejumlah koin logam seharga tiket yang dibeli dan Cukup dengan menekan tombol tujuan, maka tiket yang diperlukan akan keluar dari mesin ini.
ATM ini dapat bekerja secara mandiri sehingga tidak diperlukan seorang petugas/operator yang secara khusus mengawasi alur penjualan tiket kepada calon penumpang. Kelemahan alat ini belum bisa mengisi tiket dan alat ini akan memberikan signal tertentu jika tiket habis. Namun mesin ini mampu bekerja 24 jam sehingga mencegah antrian panjang calon penumpang.
Tidak tersedia versi lain